Senin, 05 Oktober 2015

pengabdian masyarakat



Champs Bertema Pengabdian Masyarakat

Minggu ke-4 kegiatan champs di UISI. Sedikit berbeda dengan minggu-minggu yang sebelumnya. Dilihat dari lokasinya saja sudah berbeda kegiatan minggu yang ke-4 ini diadakan di Alun-Alun kota Gresik, kota asli saya serndiri, sebelumnya yang dilakukan hanya disekitar UISI. Ini membuat penyegaran sendiri bagi mahasiswa baru seperti saya ini dengan lokasi yang berbeda dan suasana berbeda pastinya. Sesuai dengan tema kita pada minggu ke-4 ini adalah pengabdian terhadap masyarakat. Tahu kan apa itu pengabdian kepada masyarakat, akan aku jelasin deh.
Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Dan kegiatan ini bertujuan untuk,  Bertambahnya kecepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan. Bertambahnya kecepatan upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat yang harmonis serta dinamis yang siap menempuh perubahan-perubahan menuju perbaikan dan kemajuan sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya dan norma-norma dalam kehidupan masyarakat berkembang dalam kehidupan masyarakat yang berlaku. Bertambahnya kecepatan usaha pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan laju pertumbuhan proses modernisasi dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.Untuk memperoleh umpan balik dan masukan bagi fakultas dalam rangka meningkatkan relevansi pendidikan, diperlukan adanya ahli-ahli yang memiliki kemampuan secara interdisipliner dan multidisipliner.
Dari itu kita ditempatkan  di alun-alun kota Gresik upaya menyatu dengan masyarakat yang ada disekitar alun-alun.Tepat pukul 06.00 semua maba sudah berada ditempat alun-alun untuk memulai kegiatan, tetapi masih banyak mahasiswa baru yang datang terlambat. Kegiatan kali ini dimulai dengan senam yang dipimpin salah satu kakak pjk wanita yang cantik. Semua mengikuti senam dengan semangat yaitu dengan semangat pagi.  Selesai itu kita membersihkan sampah-sampah yang berserakan disekitar alun-alun kota Gresik. Setelah itu kita berdiskusi tentang pengabdian masyarakat dan bagaimana agar kota alun-alun ini menjadi indah, tempat pariwisata dan digemari semua kalangan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar